Minggu, 18 Januari 2015

Renungan untuk semua

Allah Swt berfirman, sesungguhnya Allah menyuruh {kamu} belaku adil dan berbuat kebajikan ....(QS.An-Nahl:90)

Rosulullah saw bersabda " Berlaku adilah terhadap seluruh anak-anakmu sekalipun beberapa diantaranya sedang bepergian. bila egkau ingin diperlakuakan anak-anakmu dengan baik, penuh kasih sayang dan adil maka perlakukanlah mereka dengan cara yang sama. " 

" Aku bukanlah apa-apa dimata orang tuaku. mereka bukan hanya tidak menghargaiku tapi juga terbiasa mencela dan memarahiku setiap waktu. mereka tak pernah mengijinkanku melakukan apapun. bila aku berinisiatif melakukan beberapa pekerjaan, mereka akan berusaha mencari-cari kesalahanku. mereka lazim mencelaku dihadapan teman-teman mereka dan teman-temanku. mereka tak pernah membolehkanku berkata apapun selagi orang lain berada disekeliling kami. semua itu membuatku harus menanggung rasa rendah diri dan malu terhadap diriku sendiri. aku mulai memandang diriku sebagai sosok yang tidak berguna . sekarang ini aku sudah dewasa tapi aku terus hidup dan bekerja dalam bayang-bayang rasa putus asa yang sama. bila dihadapkan dengan tugas yang sulit aku merasakan diriku tak berdaya dan tak sanggup melakukanya. aku memandang diriku tak berharga dan sama sekali tak punya kemampuan. aku benar-benar tak punya percaya diri, bahkan aku merasa tak yakin mampu berbicara dihadapan orang lain. ketika aku mengungkapkan sesuatu dalam kondisi tertentu, aku memikirkanya selama berjam-jam tentang apakah yang aku kemukakan saat itu benar adanya ataukah tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar